Home / Koperasi / Tujuan Koperasi Produksi Tujuan Dan Contohnya

Tujuan Koperasi Produksi Tujuan Dan Contohnya

Pengertian Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah koperasi yang menampung barang-barang yang di hasilkan atau diproduksi oleh para anggota. Misalnya, tahu, tempe, koperasi susu, koperasi hasil kerajinan. Jika koperasi hanya mempunyai dan mengelola unit usaha produksi mengolah bahan menjadi bahan/barang lain hingga menghasilkan barang, maka koperasi ini disebut koperasi produksi.

Tujuan Koperasi Produksi Dan Contohnya

Koperasi produksi melakukan kegiatan seperti penyediaan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, dan membantu memproduksi jenis barang-barang tertentu. Selain itu koperasi produksi juga ikut membantu menjual dan memasarkan hasil produksi para anggota koperasi.

Tujuan Koperasi Produksi Dan Contohnya

Tujuan di dirikannya koperasi produksi adalah menjual barang, mengutamakan anggota dan jika menjual barang tidak mengambil keuntungan yang terlalu besar. Contohnya menjual barang sekolah.

Pengertian Koperasi Konsumsi Serta Tujuannya

Pengertian koperasi konsumsi ialah jenis koperasi yang mempunyai anggota yang terdiri atas kumpulan konsumen, bergerak khusus dalam aktivitas penjualan barang barang konsumsi terutama barang kebutuhan para anggota koperasidan masyarakat sekitarnya.

Contohnya koperasi karyawan (KOPKAR), koperasi siswa/mahasiswa, koperasi RT, koperasi pegawai republik Indonesia (KPRI), dan koperasi ABRI.

Baca Juga : Pengertian Koperasi

Kumpulan Syarat Pinjaman Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan yang menyediakan jasa simpan peminjam dana masyarakat.  Dulu, koperasi hanya memberikan pelayanan kepada anggotanya saja. Namun sekarang, koperasi juga bisa memberikan pinjaman kepada pihak di luar anggota. Koperasi memberikan penawaran kemudahan dan manfaat seperti pengajuan dana yang cepat, serta syarat-syarat yang mudah di penuhi dan administrasi yang cepat pula.

Berikut ini syarat-syarat yang harus di penuhi agar mendapat pinjaman dana tunai koperasi :

  • Berstatus sebagai WNI
  • Mempunyai status sebagai anggota koprasi atau calon anggota koperasi
  • Peminjam wajib mengisi formulir pinjaman
  • Menyerahkan fotocopy KTP, baik KTP suami maupun istri jika sudah menikah
  • Menyerahkan fotocopy KK, slip gaji,rekening listrik dan anggunan.

Setelah kamu mengetahui beberapa syarat yang harus di penuhi, selanjutnya kamu harus mengetahui langkah-langkahnya.

Berikut ini langkah-langkah untuk mendapat pinjaman dana tunai koperasi:

Mendaftar menjadi anggota koperasi

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mendaftar sebagai anggota koperasi. Caranya menghubungi costumer servisnya, kemudian mengisi formulir pendaftaran. Selain itu, kamu juga harus memenuhi berbagai syarat menjadi anggota koperasi. Menjadi anggota koperasi tidaklah merugikan. Karena kamu akan mendapatkan berbagai manfaat mengikuti koperasi.

Mengajukan pinjaman dana tunai

Setelah terdaftar sebagai anggota koperasi, selanjutnya silahkan kamu menyampaikan niat dan tujuan meminjam uang. Biasanya, koperasi akan mudah memberikan pinjaman dana apabila kamu memiliki usaha. Dana yang di berikan koperasi juga kecil jika kamu baru pertama kali meminjam. Namun apabila sudah beberapa kali, koperasi akan memberikan limit pinjaman yang cukup besar.

Memenuhi syarat peminjaman

Langkah ketiga ialah kamu harus memenuhi syarat-syarat yang di  ajukan oleh koperasi. Antara lain: mengisi formulir, menyerahkan foto copy KTP, KK dll. Isilah data dengan benar dan jangan berbohong. Karena pihak koperasi akan mencari informasi untuk memastikan apakah kamu layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Akan lebih meyakinkan apabila kamu memiliki saudara atau teman yang bekerja di koperasi tersebut untuk merekomendasikan kamu mendapat pinjaman.

Pencairan dana tunai

Inilah proses yang paling di tunggu. Setelah pihak koperasi menyatakan kamu layak mendapatkan pinjaman. Maka dana yang kamu harapkan akan segera cair. Pihak koperasi akan memberikan 90% dana yang kamu ajukan. Sisanya 10% akan di berikan ketika semua pinjaman lunas. Anggaplah ini sebagai dana tabungan.

Pengangsuran pinjaman

Setelah mendapatkan dana yang di inginkan, kamu memiliki tanggungan untuk mengangsur pinjaman setiap bulan. Bunga yang di ajukan setiap koperasi berbeda-beda jadi pastikan kamu menanyakan kepada pihak koperasi. Kamu tidak boleh menunggak cicilan agar nantinya ketika kamu membutuhkan dana lagi, koperasi akan memprosesnya dengan cepat karena sudah percaya dengan kamu.

Sekarang ini meminjam uang bukanlah hal yang memalukan. Namun alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan dana kebutuhan mendadak di masa yang akan datang. Sehingga tidak perlu memiliki hutang. Meminjam di koperasi ialah alternatif yang efektif jika memang sangat mendesak. Karena bunga koperasi cukup rendah daripada lembaga keuangan lainnya. Apalagi jika kamu membutuhkan modal usaha.

Demikianlah pembahasan terkait tujuan koperasi produksi dan contohnya. Semoga bermanfaat untuk kamu.

About SmkYaditama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *