Home / Pengertian Umum / Pengertian Koperasi, Prinsip, Jenis Serta Tujuannya Terlengkap

Pengertian Koperasi, Prinsip, Jenis Serta Tujuannya Terlengkap

Negara indonesia memiliki koperasi sebagai suatu landasan perekonomian bangsa, setiap negara punya kebijakan masing-masing mengenai ekonomi dan indonesia memilih koperasi sebagai salah satu cara untuk menstabilkan perekonomian negara. Lalu apa pengertian koperasi? dan apa fungsinya? mari kita simak bersama penjelasan di bawah ini.

Penjelasan Tentang Koperasi
Penjelasan Tentang Koperasi

Pengertian Koperasi

Koperasi adalah sebuah badan usaha yang memiliki anggota dan setiap orangnya memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, yang memiliki prinsip koperasi berdasar pada ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan yang tercantum pada undang-undang nomor 25 tahun 1992. Koperasi di jalankan dengan asas kekeluargaan, artinya koperasi tidak bertujuan untuk menguntungkan diri sendiri, tetapi mencapai keuntungan bersama.

Prinsip-prinsip Koperasi

Prinsip terbaru koperasi yang di kembangkan oleh International Cooperative Alliance (Federasi koperasi non-pemerintah internasional) yaitu:

  • Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela
  • Pengelolaan yang demokratis
  • Partisipasi anggota dalam ekonomi
  • Kebebasan dan otonomi
  • Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.

Prinsip koperasi di indonesia tercantum dalanm UU No.12 Tahun 1967 dan UU No.25 Tahun 1992. Prinsip ekonomi menurut UU No. 25 Tahun 1992, yakni:

  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
  • Pembagian SHU dilakukan secara adil dan sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota
  • Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
  • Kemandirian
  • Pendidikan perkoperasian
  • Kerjasama antar koperasi.

 

4 Fungsi dan peran koperasi

  1. Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota khususnya masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
  2. Aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  3. Menguatkan perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai saka gurunya.
  4. Berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasioanal yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

 

Jenis koperasi di Indonesia

macam-macam koperasi di indonesia, sebagai berikut:

  1. Koperasi simpan pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang beranggotakan masyarakat, baik sebagai konsumen maupun sebagai konsumen atau sebagai produsen barang. Kegiatan koperasi ini yaitu menyelenggarakan fungsi penghimpun dana dan menyediakan pinjaman atau modal untuk kepentingan anggota, baik kepada konsumen maupun produsen.

  1. Koperasi Konsumen

Koperasi konsumen adalah koperasi yang beranggotakan konsumen. Kegiatan dari koperasi ini adalah menyelenggarakan fungsi penyedia barang-barang kebutuhan sehari-hari untuk kepentingan anggota dan masyarakat.

  1. Koperasi Produsen

Koperasi ini merupakan koperasi yang beranggotakan para produsen barang dan memiliki usaha rumah tangga. Kegiatan koperasi ini adalah menyelenggarakan fungsi penyedia bahan atau sarana produksi, pemrosesan, dan pemasaran barang yang dihasilkan oleh anggota selaku produsen.

  1. Koperasi Pemasaran

Koperasi pemasaran yaitu koperasi yang beranggotakan para pemasok barang hasil produksi. Kegiatanya adalah menyelenggarakan fungsi pemasaran barang yang diproduksi oleh anggota.

  1. Koperasi Jasa

Koperasi jasa merupakan koperasi yang menyelenggarakan fungsi pelayanan jasa tertentu untuk kepentingan anggota. Misalnya jasa asuransi, angkutan, serta pendidikan dan pelatihan.

Tujuan Koperasi

Koperasi miliki tujuan yang dititik beratkan pada kepentingan para anggota dan bukan menimbun kekayaan sendiri. Berikut adalah tujuan koperasi bukan hanya untuk anggota melainkan juga untuk para konsumennya.

  • Bagi produsen, ada keinginan untuk menawarkan barang dengan harga yang cukup tinggi.
  • Bagi konsumen, ada keinginan untuk memperoleh barang baik dengan harga yang lebih rendah.
  • Sedangkan bagi usaha kecil, ada keinginan untuk mendapatkan modal usaha yang ringan dan mengadakan usaha bersama.

Modal pinjaman koperasi dapat berasal dari anggota dan calon anggota, koperasi lain dengan perjanjian kerja sama antar koperas, bank atau lembaga keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, penerbitan obligasi dan surat utang lain berdasakan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku dan sumber lain yang sah.

Hak dan Kewajiban Anggota Koperasi

  • Kewajiban anggota koperasi adalah sebagai berikut:
  • Mematuhi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi serta semua keputusan yang telah disepakati bersama dalam rapat anggota.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh koperasi.
  • Mengembangkan dan memelihara kebersamaan azas kekeluargaan.

Hak anggota koperasi adalah sebagai berikut:

  • Menyatakan pendapat dan memberikan suara dalam rapat anggota.
  • Memilih atau dipilih menjadi pengurus.
  • Meminta diadakan rapat anggota menurut ketentuan-ketentuan dalam anggaran dasar.
  • Mengemukakan pendapat atau saran-saran kepada pengurus diluar rapat anggota, baik diminta atau tidak diminta.
  • Memanfaatkan koperasi dengan mendapat pelayanan yang sama antar sesama anggota.
  • Mendapatkan keterangan mengenai perkembangan menurut ketentuan dalam anggaran dasar.

Tidak ada seorang pun yang dapat mencabut hak anggota koperasi, termasuk pengurus sekalipun. Hak dan kewajiban bagi seorang anggota koperasi akan bisa gugur hanya saat dia tidak lagi menjadi anggota.

Pemanfaatan lembaga koperasi sangatlah penting dan dapat membantu dalam perekonomian baik dalam masyarakat maupun dalam anggota itu sendiri. Sekian sedikit informasi tentang koperasi yang kami rangkum, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

About SmkYaditama

Check Also

Pengertian PIC Dan Syarat-Syarat Menjadi PIC

Kamu yang bekerja di sebuah kantor tentu sering mendengar beberapa istilah yang sering di ucapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *