Home / Pengertian Umum / Pengertian Hoax, Asal Usul Serta Contohnya

Pengertian Hoax, Asal Usul Serta Contohnya

Arti kata Hoax dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti berita bohong, menurut oxford english hoax di artikan sebagai kegiatan atau berita yang di buat untuk tujuan kejahatan.

Sering sekali kita mendengar kata hoaks tersebut namun tidak sedikit yang belum mengerti arti sesungguhnya nah disini saya akan berbagi informasi mengenai apa itu hoax dan bagaimana caranya agar kita tidak termakan oleh berita bohong tersebut silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Ketahui Berita Hoax Dengan Cara Ini
Ketahui Berita Hoax Dengan Cara Ini

Asal Usul Hoax

Menurut salah satu pakar dan ahli yaitu Lynda Walas yang di kemukakannya di dalam bukunya dengan judul Sains Against Science, beliau mengatakan bahwa hoax atau berita bohong adalah salah satu istilah dari bahasa Inggris sejak tahun 1808.

Istilah hoax atau berita bohong yang di kemukakan oleh Alexander Boese dalam tulisannya di dalam buku Museum of Hoaxes, beliau mengatakan bahwa awal mula terpublikasinya hoax pada tahun 1709 yang di buat oleh Isaac Bickerstaff yang biasa di kenal dengan Jonathan Swift yaitu membuat penanggalan palsu dan sering disebut almanak.

Di dalam penanggalan tersebut ia mengatakan bahwa John Partridge (astrolog) akan meninggal pada waktu yang ditentukan, untuk dapat meyakinkan publik atas ramalannya ia membuat obituari palsu tentang john untuk mengklaim kebenaran ramalannya.

Dengan adanya isu atau berita bohong tersebut john berhenti membuat buku astrolog sampai enam tahun lamanya, sejak saat itulah kata hoax mulai muncul dan semakin banyak orang yang menggunakannya untuk tujuan menjatuhkan musuh mereka.

Jenis Hoax Yang Sering Beredar

1. Hoax Proper

Dalam definisi asli hoax adalah kabar berita yang bohong dan sengaja di buat seolah-olah nyata, si pembuatpun sebenarnya mengetahui hal tersebut namun memang dia sengaja membuatnya untuk alasan penipuan kepada publik.

2. Click Bait Atau Judul Tidak Sesuai Dengan Isi

Ini sering sekali kita dengar dan kita temui di keseharian kita apa lagi di media sosial sudah banyak sekali contoh hoax, sebagai contoh kebanyakan orang Indonesia suka sekali tidak meneliti terlebih dahulu apa yang di bacanya sering kali judul pembahasan tidak sesuai dengan isi pembahasan tersebut.

Judul yang profokatif akan membuat orang lain lebih mudah terjerumus dalam kesesatan, seperti judul yang heboh dan terkandung kata-kata profokatif yang sebenarnya isinya bukan seperti itu.

Maka dari itu kita sebagai pembaca yang baik apa bila mendapatkan informasi yang belum jelas asal usulnya maupun maksud dari berita tersebut jangan langsung main share saja, teliti dulu sampai pusatnya agar apa yang kamu share tidak membuat banyak orang menjadi salah kaprah.

3. Berita Benar Namun Menyesatkan

Salah satu jenis Hoax yang ketiga yaitu benar adanya berita tersebut namun di sebarkan ulang di media sosial seakan-akan berita tersebut baru terjadi.

Kebanyakan orang saat ini tidak meneliti terlebih dahulu tanggal, waktu dan kapan terjadinya hal tersebut, saran saya bagi kamu yang suka sekali ngeshare video atau berita di teliti dulu ya agak kamu tidak di katakan orang yang suka menyebar berita bohong.

Konsekuensi Menyebar Berita Bohong (Hoax)

  • Akan ada banyak masyarakat atau golongan tertentu menjadi bermusuhan
  • Dapat membuat seseorang menyakiti atau bertindak kasar kepada orang lain
  • Menyebarkan informasi yang tidak benar kepada pembuat kebijaksanaan

Nah untuk menyikapi hal tersebut apa saja kiat yang dapat kamu lakukan jika menemukan berita hoax…?

  • Sering membaca dan mencari informasi akurat di media sosial maupun di media televisi.
  • Jika kamu tidak sering membaca dan meneliti maka kamu akan mudah termakan kabar hoax.
  • Jika ada berita atau informasi yang apa bila di dengarkan sepertinya tidak mungkin maka bacalah dengan teliti karena memang sering kali terjadi berita tersebut adalah bohong dan tidak mungkin terjadi.
  • Stop share artikel dan juga foto yang dikirimkan melalui pesan beruntun sebelum kamu mendapatkan informasi yang benar-benar akurat dari hal tersebut.

Contoh Berita Hoax

Belum lama ini ada masalah penganiayaan si A yang gembar gembor di media bahwasannya dia di aniaya oleh seseorang, namun pada kenyataanya tidak seperti itu.

Menurut admin dia sangat sadar bahwa berita yang ia berikan itu tidak benar, namun entah apa motif yang ia inginkan saat ini, memecah umat atau golongan tertentu, hanya tuhan dan dia yang tau heheheh.

Kesimpulan

Bagaimanapun bentuknya informasi, berita, pesan dan yang lainnya, yang belum tentu kebenerannya maka teliti kembali dari semua sumber yang otentik dan dapat di percaya, baru kamu dapat mengeshare kembali berita tersebut.

Demikian artikel sederhana pada kesempatan malam hari ini mengenai pengertian hoax, ciri-ciri hoax, Contoh berita hoax dan cara mengatasinya, semoga apa yang sudah saya jabarkan ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Jangan lupa share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat untuk kamu maupun orang lain, sampai jumpa pada artikel lainnya yang tentunya penuh dengan informasi yang bagus dan benar.

About SmkYaditama

Check Also

Pengertian PIC Dan Syarat-Syarat Menjadi PIC

Kamu yang bekerja di sebuah kantor tentu sering mendengar beberapa istilah yang sering di ucapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *