Home / Ekonomi / Pengertian Ekonomi Prinsip Dan Tujuannya

Pengertian Ekonomi Prinsip Dan Tujuannya

Manusia merupakan makhluk sosial yang di beri perasaan dan akal untuk dapat bertahan hidup. Begitu juga ketika di hadapkan dengan berbagai masalah, manusia mempunyai akal untuk mencari jalan keluarnya. Permasalahan hidup manusia sangatlah banyak, salah satunya ialah permasalahan dalam ekonomi. Setiap masyarakat pasti perlu memikirkan keuntungan dan kerugian dalam suatu hal yang melibatkan transaksi dengan masyarakat lainnya.

Hal ini di lakukan agar masyarakat dapat mengatur kehidupannya dengan baik. Untuk menyikapi berbagai masalah perekonomian, manusia di haruskan untuk memikirkan pertimbangan untung dan rugi dari setiap tindakan ekonomi yang sudah di lakukan.

Pengertian Ekonomi

Secara harfiah pengertian ekonomi ialah segala upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya guna untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran. Di jelaskan juga oleh Samuelson bahwa cara untuk memenuhi kebutuhan itu dapat di lakukan dengan memanfaatkan sumber daya tertentu. Sumber daya tersebut diolah sama manusia untuk menjadi suatu barang dan di distribusikan kepada khalayak ramai.

Pengertian Ekonomi Prinsip Dan Tujuannya

Sementara Ilmu Ekonomi menurut Robbins ialah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang aktivitas manusia yang timbul karena adanya keterbatasan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian lain menurut Mayers menjelaskan bahwa Ilmu Ekonomi ialah ilmu yang mengkaji tentang kebutuhan hidup manusia dan cara memenuhi kebutuhan tersebut. Kemudian di tambahkan juga oleh Valk bahwa ilmu ini merupakan ilmu yang membahas tentang perilaku ekonomis beserta akibat dari perilaku tersebut.

Prinsip Ekonomi

Prinsip Produksi

Pada prinsip produksi, perekonomian berperan dalam proses penghasilan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Proses tersebut membutuhkan biaya baik dari segi moril maupun materil. Contohnya dengan terwujudnya lapangan kerja yang memproduksi barang-barang tertentu.

Prinsip Distribusi

Prinsip Ekonomi berikutnya ialah pada aspek distribusi. Aspek-aspeknya meliputi aktivitas penyaluran (distribusi) suatu produk kepada para konsumen. Pada umumnya aktivitas ini di lakukan dengan perhitungan waktu yang baik. Sehingga barang yang disalurkan akan sampai di tempat penjualan dengan waktu yang tepat. Misalnya penyaluran buah-buahan dan sayur-sayuran dari para petani menuju pasar yang di lakukan dini hari untuk di jual kepada para konsumen.

Prinsip Konsumsi

Jika melihat kembali Pengertian Ekonomi tadi maka prinsip ekonomi berikutnya ialah prinsip konsumsi. Prinsip konsumsi ini merupakan aktivitas pemakaian atau penggunaan dari suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya seseorang membeli cat untuk memberi warna pada rumahnya, sehingga dengan hal itu bisa memenuhi kebutuhan estetika dalam dirinya.

Baca Juga : Macam Macam Pengertian Asas Hukum

Tujuan Ekonomi

Jika kebijakan ekonomi tidak di jalankan, maka perekonomian didalam suatu negara tidak akan stabil. Di dalam ekonomi tujuan yang penting yaitu :

  1. Stabilitas Ekonomi

Syarat untuk mencapai peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Perekonomian yang tidak stabil menimbulkan biaya yang tinggi untuk perekonomian dan masyarakat.

  1. Pertumbuhan Ekonomi

Proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang di wujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional yang menyebabkan keberhasilan pembangunan ekonomi.

  1. Pemerataan Ekonomi

Untuk mewujudkan kesejahteraan umum secara adil dan merata contohnya yaitu dengan menjalankan kebijakan diskriminasi harga bahan bakar minyak (BBM) dan bahan pokok masyarakat. Kelangkaan BBM menyebabkan penurunan produksi dengan keuntungan yang menurun juga.Sebaliknya jika BBM melimpah di bumi maka akan menyebabkan meningkatnya produksi dengan keuntungan yang semakin bertambah.

Demikianlah pengertian ekonomi prinsip dan tujuannya yang bisa saya jabarkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

About SmkYaditama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *