19 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Budaya Secara Umum

Secara umum, budaya adalah cara hidup yang mengatur agar setiap manusia mengerti dan memahami bagaimana mereka harus bertindak, berlaku, berbuat dan menentukan sikap saat berhubungan dengan orang lain. Semua hal ini berkaitan dengan cara berkomunikasi atau bahasa, adat istiadat dan kebiasaan yang terjadi di lingkungan tersebut.

Pengertian Kebudayaan Dan Definisi Kebudayaan
Pengertian Kebudayaan Dan Definisi Kebudayaan

Devinisi Budaya

Budaya merupakan cara hidup yang berkembang, serta di miliki bersana oleh kelompok orang, serta di wariskan dari generasi ke generasi. Budaya ini terbentuk dari berbagi unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, perkakas, bahasa, bangunan, pakaian serta karya seni. Budaya merupakan pola hidup yang menyeluruh.

Budaya memiliki sifat yang kompleks, abstrak, serta luas. Berbagai budaya turut menentukan prilaku komunikatif. Unsur ini tersebar, serta meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Budaya ialah suatu bagian yang tidak terpisahkan dari manusia sehingga kebanyakan manusia lebih cenderung menganggap sebagai sebuah warisan secara genetis. Saat orang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, serta lebih menyesuaikan perbedaanya, dan membuktikan bahwa budaya itu dapat di pelajari.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah merumuskan pengertian budaya dengan pendapat mereka sesuai dengan keadaan masyarakat. Beberapa pendapat di antaranya adalah sebagai berikut:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Budaya di artikan sebagai pikiran, akal budi dan adat-istiadat. Secara tata bahasa, pengertian kebudayaan di turunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia.

Menurut Soemardjan dan Soemardi

Budaya adalah semua hasil karya, cipta dan rasa dalam bermasyarakat. Karya masyarakat akan menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (yang biasa di sebut material culture) yang di perlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat di abadikan untuk keperluan masyarakat.

Menurut Koentjaraningrat

Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan serta hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang di jadikan milik diri manusia dengan cara belajar.

Menurut Edwart Burnett Tylor

Dalam bukunya “Primmitif Culture” Tylor menjelaskan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks dan rumit, di mana di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat-istiadat, maupun kemampuan lainya, serta kebiasaan-kebiasaan yang di peroleh dari manusia dalam kehidupan dan posisinya sebagai anggota masyarakat.

Menurut Kluckhohn dan Kelly

Budaya adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang eksplisit maupun implisit, rasional, yang ada suatu waktu, sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

Menurut Linton

Budaya adalah keseluruhan dari pengetahuan, sikap dan pola prilaku yang merupakan kebiasaan yang di miliki dan di wariskan oleh anggota suatu masyarakat tertentu.

Menurut R.Soekomo

Budaya merupakan hasil kerja dan usaha manusia berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia di masa hidupnya.

Menurut Edward T Hall

Budaya adalah komunikasi daan komunikasi adalah budaya.

Menurut Greet Hofstede

Budaya merupakan pemrogaman bersama atas pikiran yang membedakan anggota-anggota satu kelompok orang dengan kelompok lainya.

Menurut Jensen dan Trenholm

Budaya merupakan seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat-istiadat, aturan dan juga kode.

Menurut Fizee Pengertian kebudayaan adalah:

  • Kebudayaan artinya tingkat kecerdasan akal setinggi-tingginya yang di hasilkan dalam suatu tempo sejarah bangsa di puncak perkembangannya.
  • Kebudayaan adalah hasil yang di capai suatu bangsa dalam lapangan kesustraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian.
  • Kebudayaan sebagai way of life bagi bangsa, terutama hubungannya dengan adat-istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.

Menurut Bounded et.al

Kebudayaan merupakan sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

Menurut Francis Merill

Kebudayaan adalah semua prilaku dan semua produk yang di hasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis. Kebudayaan berarti pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi sosial.

Menurut Wikipedia

Budaya ialah suatu cara hidup yang berkembang, dan di miliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan di wariskan dari generasi ke generasi.

Menurut Al.Krueber (1958:582-583)

Kebudayaan ialah suatu sistem dari ide-ide dan konsep-konsep. Kebudayaan  sebagai wujud rangkaian tindakan berpola suatu aktivitas dari manusia.

Menurut Croydon (1973:4)

Budaya adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia seperti sedang di manipulasi dari kontrol boneka gerakanya.

Menurut Dr.K.Kupper

Kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

Menurut Drs. Mohammad Hatta

Pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

Menurut Dawson

Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods kebudayaan merupakan cara hidup bangsa.

Menurut Nostrand

Kebudayaan adalah sebagaisikap dan kepercayaan, cara berfikir, berprilaku dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

Itu tadi sedikit ulasan tentang pengertian budaya menurut para ahli. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih sudah mau berkunjung.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tags: