Pengertian Ambisi Dan Obsesi Menurut KBBI Serta Para Ahli

Sering sekali dalam keseharian kita menyebut istilah Obsesi dan ambisi adalah sama, namun sebenarnya kedua hal tersebut merupakan hal yang berbeda walalupun dasar dari kata tersebut mempunyai arti sama, yaitu Keinginan atau kehendak seseorang.

Apakah yang menjadi perbedaan antara obsesi dan ambisi?

KBBI menjelaskan bahwa obsesi adalah : ob-se-si/obsesi/ n psi mempuyai arti gangguan jiwa dengan bentuk fikiran yang selalu terngiang-ngiang dan sangat sulit untuk dihilangkan.

Sedangkan Ambisi menurut kamus besar bahasa indonesia adalah : sebuah keinginan atau hasrat tinggi untuk bisa mendapatkan hal yang di inginkannya dengan berusaha keras.

Perbedaan Antara Obsesi Dan Ambisi
Perbedaan Antara Obsesi Dan Ambisi

Menurut para ahli Pengertian Ambisi yaitu hasrat, keinginan atau nafsu yang menggebu-gebu untuk mendapatkan apa yang di inginkannya seperti contohnya wanita, harta dan kekuasaan, keinginan seseorang yang besar untuk meraih sesuatu didalam kehidupannya atau melakukan sesuatu untuk mencapai cita-cita yang baik dengan hasratnya, maka itu dinamakan dengan ambisi

Pengertian Obsesi yaitu hasrat, keinginan atau nafsu yang membara untuk mendapatkan keinginannya dilakukanlah banyak cara agar tercapai, obsesi adalah bentuk hasrat akan sesuatu yang di paksakan dan disertai sifat emosional yang tidak terkendali namun tidak mempunyai alsan untuk mewujudkan keinginannya, bisa saja terjadi kalau seseorang yang mempunyai ambisi ini dapat menyebabkan tertekannya batin dan rasa cemas.

Perbedaan Antara Ambisi Dan Obsesi

Walaupun kedua hal tersebut yaitu ambisi dan obsesi sama-sama mempunyai sifat mengingkan akan sesuatu, bayangan akan sesuatu namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar dan sangat bertentangan, ambisi lebih cenderung ke hal-hal yang positif, sedangkan obsesi lebih mengarah kapada hal yang negatif, sifat inilah yang harus di hindari dan di jauhi.

Banyak di masyarakat yang beranggapan bahwa ambisi sering di kaitkan kepada hal yang negatif seperti gambaran keseriusan seseorang dalam menggapai ketenaran atau hal lainnya, sejatinya manusia dalam kehidupan haruslah mempunyai ambisi atau keingina yang kuat agar apa yang di inginkan dapat tercapai dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Apabila salah satu dari kita mempunyai tujuan atau merencanakan untuk mendapatkan sesuatu dengan bekerja keras pantang menyerah maka kamu telah memiliki sifat ambisi ini, namun jika keinginan yang sangat besar dan telah menguasai fikiran yang tak dapat dikendalikan dan tidak mempunyai alsan yang jelas di sertai emosi yang meluap-luap maka kamu sudah masuk dalam sifat obsesi.

Pada saat kamu mempunyai ambisi dan apa yang menjadi keinginan kamu tidak terpenuhi maka kamu akan mencari jalan lain untuk mendapatkan keinginanmu tadi dengan keinginan lain misalnya soal cinta, namun jika kamu telah terjerumus dalam sifat obsesi maka pada saat tidak mendapatkan keinginan kamu maka sering terjadi depresi atau patah semangat.

Kesimpulan

Jika ingin menjadi orang sukses dimanapun kamu berada maka milikilah ambisi tanpa menggunakan obsesi agar ketenangan dalam jiwamu dan hatimu tetap dalam kesabaran dan penerima apa saja yang menjadi akhir dari usahamu, kamu boleh mempunyai ambisi namun jangan sampai terjerumus dalam obsesi punya ambisi dan jangan obsesi.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tags: