Home / Ilmu Pengetahuan Sosial / Macam Macam Pengertian Asas Lengkap

Macam Macam Pengertian Asas Lengkap

Macam Macam Pengertian Asas

Asas adalah kata yang sering kita dengar, namun apakah kamu tahu arti kata asas ?? Menurut KBBI asas artinya dasar atau dasar hukum. Jika menurut pendapat para ahli asas artinya ialah dasar yang menjadi pedoman atau patokan manusia dalam kehidupannya. Dengan kata lain pengertian asas ialah prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir seseorang dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam hidupnya.

Pengertian Asas Black Rumus Dan Cara Penerapannya

Pengertian asas black

Asas Black ialah suatu prinsip dalam termodinamika yang di kemukakan oleh Joseph Black. Asas ini menjabarkan beberapa hal, yaitu :

  • Jika dua buah benda yang berbeda dan suhunya di campurkan, benda yang panas akan memberi kalor pada benda yang dingin sehingga suhu akhirnya sama.
  • Jumlah kalor yang di serap benda dingin sama dengan jumlah kalor yang di lepas benda panas.
  • Benda yang di dinginkan melepas kalor yang sama besar dengan kalor yang di serap jika di panaskan.
Macam-Macam Pengertian Asas

Bunyi Asas Black ialah “Pada pencampuran 2 zat, banyaknya kalor yang di lepas zat yang suhunya lebih tinggi sama dengan banyaknya kalor yang di terima zat yang suhunya lebih rendah”.

Rumus asas black

Dalam bentuk persamaan, asas Black dapat di tulis dalam bentuk:

Qlepas     =   QTerima   ………. Pers. (1)

Keterangan:

QLepas = jumlah kalor yang di lepaskan oleh zat (Joule)

QTerima = jumlah kalor yang di terima oleh zat (Joule)

Persamaan (1) menyatakan hukum ke kekalan energi pada pertukaran kalor yang disebut sebagai Asas Black. Pengukuran kalor sering di lakukan untuk menentukan kalor jenis suatu zat. Jika kalor jenis suatu zat diketahui, maka kalor yang di serap atau di lepaskan dapat di tentukan dengan mengukur perubahan temperatur zat tersebut. Kemudian, dengan menggunakan persamaan:

Q = mc∆T ……………… Pers. (2)

Besarnya kalor dapat di hitung. Ketika menggunakan persamaan ini, perlu di ingat bahwa temperatur naik berarti zat menerima kalor, dan temperatur turun berarti zat melepaskan kalor.

Dengan menggunakan persamaan (2), maka persamaan (1) dapat di jabarkan secara lebih spesifik berikut ini :

Qlepas       =      QTerima

m1c1∆T1 = m2c2∆T2 ..… Pers. (3)

dengan ∆T1  =  T – Takhir dan ∆T2  = Takhir – T maka kita mendapatkan persamaan berikut ini :

m1c1(T1 – Tc)   =  m2c2(Tc – T2)   ….. Pers. (4)

Keterangan:

M1 = massa benda 1 yang suhunya tinggi (kg)

M2 = massa benda 2 yang suhunya rendah (kg)

C1 = kalor jenis benda 1 (J/kgoc)

C2 = kalor jenis benda 2 (J/kgoc)

T1 = suhu mula-mula benda 1 (oc atau K)

T2 = suhu mula-mula benda 2 (oc atau K)

Tc = suhu campuran atau suhu akhir (K atau oc)

Catatan : Pada pencampuran antara dua zat, sesungguhnya ada kalor yang hilang ke lingkungan sekitar. Misalnya, wadah pencampuran akan menyerap kalor sebesar hasil kali antara massa, kalor jenis dan kenaikan suhu pada wadah.

Dengan menggunakan Asas Black, kita bisa menghitung suhu akhir dari dua buah benda atau zat yang di campurkan. Selain itu, jika kalor jenis salah satu benda di ketahui, kita dapat mencari kalor jenis benda kedua. Alat yang di gunakan untuk mencari kalor jenis benda atau zat yang menggunakan Asas Black yaitu kalorimeter.

Baca Juga : Pengertian Ham Menurut Umum

Cara Penerapannya

Berikut ini beberapa contoh penerapan Asas Black dalam kehidupan sehari-hari :

  • Penentuan nilai pembakaran suatu bahan bakar (LHV/HHV/GHV)
  • Penentuan kapasitas beban pendinginan mesin
  • Menentukan jumlah energi dalam bentuk perpindahan panas untuk menaikkan temperatur pada derajat tertentu, sehingga bisa memperkirakan waktu yang di perlukan untuk pemanasan
  • Penentuan temperatur kesetimbangan termal insulasi reaktor atau sistem apa saja yang menerapkan pemakaian insulasi termal
  • Ketika kita minum segelas es teh. Pada pembuatan es teh, mula-mula teh di seduh dengan air panas baru kemudian di campurkan es. Pada proses pencampuran ini, air seduhan panas dan es akan berinteraksi termal dan mencapai temperatur kesetimbangan baru, yang mana akan lebih rendah dari panas semula.

Pengertian Asas Kewarganegaraan

Pengertian asas kewarganegaraan ialah dasar hukum bagi kewarganegaraan untuk warga sebuah negara. Orang yang sudah mempunyai kewarganegaraan tidak jatuh pada kekuasaan atau wewenang negara lain. Negara lain tidak ada hak memperlakukan kaidah-kaidah hukum kepada orang yang bukan warga negaranya.

Penduduk suatu negara juga di bedakan menjadi warga negara dan warga negara asing. Warga negara ialah mereka yang secara hukum merupakan anggota suatu negara. Sedangkan warga negara asing adalah mereka yang belum menjadi warga negara. Jika ingin menjadi warga negara, mereka harus melalui proses yang disebut naturalisasi.

Pengertian Asas Pemilu Bebas Rahasia Dan Jujur

Pemilu merupakan suatu kegiatan demokrasi yang di selenggarakan untuk memilih calon pemimpin negara sebagai wakil rakyat, yang di pilih oleh rakyat dan untuk rakyat. Ada beberapa asas pemilu, yaitu asas pemilu bebas, rahasia dan jujur. Berikut ini keterangan lengkapnya.

Bebas

Asas pemilu bebas mempunyai arti bahwa setiap rakyat berhak memilih para calon pemimpin atas keinginannya sendiri, tanpa adanya paksaan dari orang lain.

Rahasia

Asas pemilu rahasia mempunyai arti bahwa suara hak pilih setiap rakyat dijamin kerahasiaannya oleh pemerintah atau dengan kata lain hasil pilihan yang masuk ke kotak suara tidak akan diketahui siapa pemiliknya dan memilih siapa, kecuali orang yang bersangkutan mengutarakannya kepada orang lain.

Jujur

Asas pemilu jujur mempunyai arti bahwa semua orang yang terlibat dalam pemilihan umum ini harus bertindak jujur, baik dari kalangan pemerintah, badan pengawas, panitia, partai politik, para calon wakil rakyat maupun rakyat sebagai pemilih.

Demikianlah artikel tentang macam macam pengertian asas yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

About SmkYaditama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *